Profil

MUQADIMAH

وَلْتَكُنْ مِنْكُمْ أُمَّةٌ يَدْعُونَ إِلَى الْخَيْرِ وَيَأْمُرُونَ بِالْمَعْرُوفِ وَيَنْهَوْنَ عَنِ الْمُنْكَرِ وَأُولَئِكَ هُمُ الْمُفْلِحُونَ

“Dan hendaklah ada di antara kamu segolongan umat yang menyeru kepada kebajikan, menyuruh kepada yang ma`ruf dan mencegah dari yang munkar; merekalah orang-orang yang beruntung. (QS. Ali Imron, 104)

مَثَلُ الَّذِيْنَ يُنْفِقُوْنَ اَمْوَالَهُمْ فِى سَبِيْلِ اللهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ اَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فىِ كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِئَةُ حَبَّة وَ الله يُضَاعِف لِمَنْ يَشَاءْ وَ الله وَاسِعٌ عَلِيْمٌ

”Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, dan tiap-tiap bulir berisi seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran-Nya) kepada siapa saja yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas lagi Maha Mengetahui”. (QS. Al-Baqarah 261)

SEJARAH

Panti Asuhan Amanah Klaten sebagai gerakan sosial yang dijalankan oleh Yayasan Amanah Klaten, merupakan gerakan yang muncul dari bentuk kepedulian yang didasari akan nilai-nilai ibadah dan amar ma’ruf nahi mungkar serta nilai-nilai kemanusiaan yang harus saling menolong dengan sesama.

 

ANAK ASUH

Anak Asuh di Panti Asuhan Amanah Klaten dibedakan dalam dua kategori:

1.       Anak Asuh Mukim;

Anak Asuh Mukim adalah anak asuh yang bertempat tinggal di Panti Asuhan Amanah Klaten dan segala kebutuhannya menjadi tanggungjawab Panti Asuhan.

Anak asuh mukim merupakan anak berusia sekolah SD hingga SMA, berjenis kelamin perempuan (untuk sementara) dan laki-laki (rencana pengembangan). Berstatus Yatim dan atau berasal dari keluarga tidak mampu (dhuafa).

2.      Anak Asuh Kalong, atau Anak Asuh tidak mukim;

adalah Anak Asuh panti yang direkrut dari anak-anak yatim, dhuafa dan terlantar yang berdomisili disekiltar wilayah panti asuhan amanah klaten. Anak Asuh Non Mukim merupakan anak yatim dana atau anak dari keluarga tidak mampu (dhuafa). Anak Asuh Non Mukim berusia sekolah dasar sampai dengan SMA baik laki-laki maupun perempuan

JANGKAUAN WILAYAH

Anak Asuh Panti Asuhan Amanah Klaten tidak memberikan jangkauan wilayah secara khusus. Adapun selama ini jangkauan wilayah anak asuh diantaranya berasal dari :

  1. Bantul Yogyakarta
  2. Sleman Yogyakarta
  3. Karanganya Solo
  4. Kalikotes Klaten
  5. Trucuk Klaten
  6. Ceper Klaten
  7. Gemblegan
  8. Wedi Klaten

KEGIATAN PEMBINAAN ANAK

Keberadaan anak asuh merupakan amanah yang harus dipenuhi kebutuhannya, disayangi, dididik dan diberikan kesempatan untuk mempersiapkan diri dalam rangka menghadapi kehidupan masa depannya.

Adapun kegiatan-kegiatan pembinaan yang dilaksanakan antara lain adalah:

1.       Pendidikan Umum/Sekolah;

Anak Asuh Panti Asuhan Amanah Klaten wajib hukumnya untuk sekolah sampai tingkat SLTA. Dalam hal ini memotivasi anak untuk tetap giat belajar, dan meningkatkan prestasi pendidikan mereka adalah hal yang wajib dilakukan. Dengan harapan, jika diantara mereka ada yang memiliki semangat untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, maka mampu bersaing untuk mendapatkan bea siswa pendidikan. Mengingat sampai dengan saat ini PA Amanah Klaten hanya mampu menjanjikan mereka sekolah sampai dengan tingkat SLTA.

Pemantauan nilai dan prestasi anak terus dilakukan.

2.      Pembinaan Fiqih/Ibadah;

Memberikan pengertian dan pemahaman akan pentingnya ibadah dan bagaimana ibadah yang sesuai dengan tuntunan ajaran sehingga nilai ibadah dapat terjaga. Harapannya anak asuh tidak melalaikan atau mengabaikan ibadah terutama adalah Sholat.

3.      Pendidikan Aqidah;

Pendidikan ini ditujukan untuk menguatkan pemahaman dan keyakinan Aqidah anak anak. Sehingga anak-anak ditanamkan untuk menjaga aqidah hingga akhir hayat.

4.      Pembinaan Budaya Baca Al Qur’an dan Hafalan Al Quran;

Membaca Al qur’an merupakan kewajiban dan kebiasaan yang ditanamkan kepada anak-anak. Al Qur’an sebagai pedomanan hidup harus dipahami dan diawali dengan kebiasaan membaca dan bertingkat untuk mengetahui arti dan maknanya. Hal ini menjadi tujuan akan Pembinaan dan Pembiasaan Baca Al qur’an.

5.      Kajian Al Hadits dan Pendalaman Islam;

Sunnah Rasulullaah merupakan pedoman hidup yang harus kita pelajari untuk menyempurnakan keimanan dan keislaman, serta penyempurnaan ibadah yang dilakukan. Agar supaya amal dan ibadah kita benar dan mampu mensikapi kehidupan dengan ilmu-ilmu Rasulullaah.

6.      Penggalian Potensi Anak;

Melakukan pembinaan dan pengembangan potensi anak asuh, misalnya kemampuan menjahit, kemampuan berdakwan bi lisan, menggambar, keilmuan dan lain sebagainya.

7.      Pembekalan Kemandirian;

Pembinaan kemandirian diutamakan untuk ketrampilan memasak dan kebersihan diri serta lingkungan.

Bagi Anak Asuh yang tidak mampu berkompetisi meneruskan pendidikan pasca SLTA dalam bidik misi, akan diberikan kesempatan kursus-kursus keterampilan, seperti; menjahit, komputer, akuntansi, dan lain sebagainya.

8.      Hafalan Al-Qur’an.

Pembinaan Hafalan Al Qur’an dikelola oleh Anak-Anak Asuh yang dikoordinir oleh salah satu dari Anak Asuh. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan pendidikan kepemimpinan.

Sedang hafalan Al Quran di harapkan mampu memberikan tambahan pemahaman akan nilai-nilai yang terkandung dalam Al Quran sebagai pedoman hidup.

RENCANA PENGEMBANGAN

Rencana Pengembangan Panti Asuhan Amanah Klaten diharapkan mampu menjadi lembaga sosial yang bermanfaat bagi anak-anak yang benar-benar membutuhkan.

Dengan kepemilikan tanah Wakaf seluas kurang lebih 200m2 akan didirikan pondokan atau tempat istirahat dan tempat pembinaan bagi anak-anak asuh. Selain itu Yayasan Amanah Klaten berharap mampu menampung pula anak-anak yang membutuhkan keberadaan Panti Asuhan ini untuk anak laki-laki.

Selain pengembangan secara fisik, Yayasan juga berharap mampu meningkatkan pembinaan anak asuh dalam mempersiapkan kemandirian dalam bentuk pendidikan kewirausahaan dan pelatihan kewirausahaan.

Pengembangan kerjasama dengan lembaga/instansi baik yang bergerak di bidang pendidikan dan pelatihan akan selalu diupayakan untuk mewujudkan cita-cita dalam membentuk anak asuh yang mandiri dan berkepribadian.

Peningkatan kesejahteraan terhadap anak-anak asuh juga menjadi pemikiran yang terus diupayakan oleh Yayasan.

PENUTUP

Keberadaan Panti Asuhan Amanah Klaten, bukan semata-mata perjuangan Yayasan Amanah Klaten. Akan tetapi merupakan bentuk nyata kepedulian sosial terhadap anak-anak bangsa yang direalisasikan oleh masyarakat relawan dan dermawan serta para pengurus Yayasan Amanah Klaten dan Panti Asuhan Amanah Klaten.

“Kepedulian masyarakat adalah nafas bagi kami, kepedulian masyarakat adalah tenaga bagi kami, kepercayaan masyarakat adalah amanah bagi kami,  dan dosa masyarakat adalah semangat kami”

Smoga Allah senantiasa meridloi.