Pembinaan

Dalam menjalankan amanah Pengurus selalu berusaha untuk meningkatkan kemampuan anak bai dari sisi akademik maupun keagamaannya. karna dua hal ini adalah pondasi yang harus dibangun dengan kuat. Pembinaan-pembinaan yang dilakukan diantaranya adalah:

Kegiatan Harian

Kegiatan harian diberikan  kepada Anak-anak Mukin saja, hal ini terkait dengan aktifitas diri dan kebersamaan, misal terkait dengan aktifitas:

Sekolah dan Belajar;

Hal ini dimaksudkan untuk memantau dan mengevaluasi capaian pendidikan anak anak, salah satu komponennya adalah dengan memamtau nilai UTS dan UAS. Warning terhadap bidang-bidang keilmuan yang masih dibawah standar menjadi sorotan pengurus dalam memantau kegiatan akademik anak. Kedisiplinan dalam aktifitas pendidikan formal dan ekstrakulikulernya. Dan kegiatan tambahan yang mendukung terhadap perkembangan akdemik anak.

Hal ini diharapkan mampu memotivasi anak dan meningkatkan prestasi pendidikan anak, meskipun pihak panti amanah saat ini belum mampu menghantarkan mereka ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, tetapi pihak panti berusaha untuk membawa anak anak mampu berkompetisi meraih beasiswa seperti bidik misi dll.

 

Bersih Diri dan Lingkungan

Peningkatan pemahaman akan nilai-nilai hidup bersih dan sehat selalu dimonitor dalam segala bentuk aktifitas di rumah panti. Bagaimana mengelola pakaian, peralatan sekolah (seperti sepatu), perlengkapan istirahat seperti kasur bantal guling spray dan sarung bantal, bagaimana mengelola kebersihan alat makan dan minum, bagaimana mengelola kebersihan alat masak dapur dan perlengkapannya, bagaimana mengelola kebersihan tempat mandi, kakus dan lingkungan rumah. Terkadang juga pihak pengurus melibatkan komponen dari ahli kesehatan seperti bekerjasama dengan bidan, atau perawat untuk memberikan pengetahuan akan kesehatan diri dan lingkungan.  

Hal ini mendidik anak untuk membiasakan hidup dalam kebersihan dan kerapian, apalagi saat-saat tinggal bersama keluarga anak diharapkan mampu mengambil perannya dalam keluarga untuk membantu orang tuanya dalam hal kebersihan dan kerapian rumah.

 

Kemampuan Memasak

Anak mukim di Panti Asuhan Amanah Klaten untuk saat ini adalah perempuan; Memasak adalah sebuah harga mati yang harus dimiliki oleh anak-anak. Bagaimana anak anak yang telah besar dan atau sudah memiliki kemampuan memasak mengajari adik-adiknya, bagaimana berkomunikasi dengan ibu pengasuh untuk meningkatkan kemampuan memasaknya. Dari penerapan menu, sampai cara memasak dengan baik. Sehingga anak anak yang telah memiliki kemampuan diwajibkan untuk mengembangkannya dengan praktek langsung dan dalam pengawasan ibu pengasuh, dan bagi yang belum mampu dididik dengan cara membantu penyiapan bumbu atau perlengkapan lain saat adanya aktifitas memasak.

Kemampuan memasak akan sangat membantu dalam sebuah keluarga untuk lebih hemat dan efisien dalam mengelola keuangan rumah tangga, jika dibanding dengan "jajan sayur.

 

Kerjasama dan Kebersamaan

Tidak mudah hidup berdampingan dalam satu atap, apalagi dengan berbagai karakter dan watak masing-masing. pembinaan kerjasama dan kebersamaan ini diharapkan mampu membantu anak anak jika suatu saat nanti harus berada dilingkungan yang berbeda dan bersama banyak orang seperti kost; atau suasana di tempat kerja. Bagaimana saling menghormati, saling membantu, memahami satu sama lain, saling menghargai, bagaimana yang namanya  berkerjasam dan bekerja bersama sama.

Kegiatan Pembinaan Rutin

Kegiatan Rutin yang dijalankan untuk Anak Asuh Mukim:

  1. Pembinaan Taddarus dan Aqidah yang dilaksanakan setiap hari Kamis, ba'da magrib sampai dengan jam 20.o0 wib. Sebagai pembina Ustadz Kasno, S.Pd,I  (Ketua Pelaksana Panti Asuhan Amanah Kalten).
  2. Pembinaan Ibadah/Fiqih dan akhlak, yang dilaksanakan setiap hari Sabtu, ba'da magrib sampai dengan jam 20.00 wib. Sebagai pembina Ustadz Sugeng Sanyoto, S.Pd.I., MPI.
  3. Kajian Rutin Hadits, untuk kajian saat ini menggunakan Kitab Bulughul Maram. Sebagai Nara Sumber Ustadz Arkhanudin, S.Pd.I., MSI. Kajian Hadits ini dilaksanakan setiap hari Selasa, jam 20.00 sampai dengan jam 21.30 wib. Adapun jamaah tidak hanya dari kalangan Panti Asuhan tapi juga untuk masyarakat sekitar.
  4. Pembinaan Etika dan Motivasi; Pembinaan Etika dilakukan setiap dua minggu sekali dan untuk motivasi diri dilaksanakan setiap satu bulan sekali.

Kegiatan untuk Anak Non Mukim, hanya diwajibkan beberapa kegiatan:

  1. Kegiatan Pembinaan Fiqih adan akhlak pada setiap hari Sabtu, ba'da magrib s.d. jam 20.00 wib.
  2. Keiatan Pembinaan tadarus dan aqidah pada stiap hari Kamis, ba'da magrib s.d. jam 20.00 wib.
  3. Dan kegiatan-kegiatan isendental yang melibatkan pihak luar Panti
Kegiatan Isendental

Kegiatan Isendental biasanya dijalankan terkait dengan adanya Event dari pihak luar, seperti:

  1. Acara Bakti Sosial
  2. Acara Penerimaan Kunjungan baik dari instansi maupun dari perseorangan dan kelompok
  3. Acara Menghadiri Undangan Masyarakat/Instansi dalam sebuah kegiatan
  4. Mengikuti kegiatan LKSA dan atau kompetisi berbagai bidang

Kegiatan ini sering terselenggara pada bulan Ramadhan dengan kegiatan Buka Bersama yang disertai berbagai kegiatan, seperti ramah tamah, permainan/game, dan lain-lain.