Berita

Koperasi Bunga Mekar

Koperasi Simpan Pinjam “Bunga Mekar”, Cabang Prambanan yang di Pimpin oleh Bapak Jupri Hariyanto mengundang Anak-Anak dan Pengurus Panti Asuhan Amanah Klaten dalam rangka Hari Milad Koperasi “Bunga Mekar”, cabang Prambanan yang ke-6 tahun tepatnya pada hari Kamis, 15 Februari 2018. Koperasi ini berpusat di Jember Jawa Timur dan telah beroperasi melalui cabangnya di Prambanan selama 6 tahun.

Bapak Jupri Hariyanto mengatakan bahwa mengundang Anak-Anak pada kesempatan peringatan Milad Koperasi ini dalam ingin berbagi kebahagiaan dan berdoa bersama-sama dengan Keluarga Panti Asuhan Amanah Klaten, sekaligus meng-update perkembangan Panti Asuhan Amanah Klaten selama 4 tahun terakhir.

Bapak Jupri Haryanto juga berharap Panti Asuhan Amanah Klaten untuk terus dikembangkan, apalagi telah mendapatkan tanah wakaf oleh keluarga Alm. Bapak Supardi. Koperasi memiliki keinginan bisa turut serta berperan dalam pengembangan Panti Asuhan Amanah Klaten dengan melalui dana Sosial Koperasi Bunga Mekar, harapan Bapak Jupri.

 

Kunjungan Keluarga Ibu Niken Ritmayanti

Kegiatan anak-anak pada Jum’at, 16 Februari 2018 pukul 15.30 wib, adalah menerima kunjungan dari Keluarga Ibu Niken Ritmayanti yang meruapak adik dari Ibu Nina yang sudah beberapa kali melakukan silaturrahmi ke Panti Asuhan Amanah Klaten. Acara pada hari ini diagendakan dalam rangka menjemput rahmat Allah ta’ala dengan membacakan Kita Suci Al Qur’an; surat Yusuf dan Surat Maryam pada masa kehamilan ibu Niken Ritmayanti yang genap 4 bulan.

Ibu Nike Ritmayanti berharap dengan silaturrahim dan doa dari Anak-Anak di Panti Asuhan Amanah Klaten, Allah mengabulkan doa beliau untuk kesehatan beliau dan amanah Allah yang beliau kandung, sehingga sehat kanduangannya, lancara persalinannya, dan diberikan anak yang sholeh/sholehah. Kehadiran beliau juga bermaksud berbagi dan beramahtamah kepada keluarga besar Panti Asuhan Amanah Klaten, hal ini sebagaimana disampaikan oleh kakak beliau Ibu Nina.

Tadarus surat Yusufa dan Surat Maryam, dipimpin langsung oleh Ketua Pelaksana Panti Asuhan Amanah Klaten, bapak Kasno, S.Pd.I dan didampingi oleh Bapak Sugeng Sanyoto, S.Pd.I., M.Pd.I. sebagai pembina anak-anak di Panti Asuhan Amanah Klaten. Suasana hikmat dan akrab dipungkasi dengan doa bersama serta pemberian Santunan kepada Anak Anak oleh Ibu Niken Ritmayanti.

Karyawan PT. Kereta Api

Suatu aktifitas komunitas karyawan PT Kereta Api Indonesia wilayah solo Jogjakarta yang patut mendapatkan apresiasi berupa Berbagi Sesama Cerahkan Hati dengan kepedulian, yang telah rutin dilaksanakan. Dan untuk saat ini pada tanggal 11 Februari 2018 pada pukul 16.00-17.30 WIB giliran Panti Asuhan Amanah Klaten Yayasan Amanah Klaten menjadi sasaran kegiatan ini.

 

Dari 36 anggotanya dan terwakili dengan 6 orang: Mas Adi, Mas Rizal, Mbak Hikma, Mbak Rona ,Mbak Yuni, Mbak Arista menyampaikan santunan/bantuan kepada Panti Asuhan Amanah Klaten yang diserahkan oleh Koordinator Kegiatan Mas Adi dan diterima oleh Ketua Pelaksana Panti Asuhan Amanah Klaten Bapak Kasno, S.PdI., juga disaksikan Bapak Sugeng Sanyoto, S.PdI., M.Pd.I yang merupakan Pembina Anak-Anak berserta seluruh Anak anak Panti Asuhan Amanah Klaten.

Anak-anak juga menyampaikan rasa terima kasih nya yang diwakili oleh adik Dhea dengan penuh keikhlasan dan doa buat Anggota Komunitas Karyawan Kereata Api Indonesia tersebut. Sebelumnya dilakukan ramah tamah yang sangat akrab dan kekeluargaan kemudian dilanjutkan makan bersama.

TADDARUS BERSAMA SEBAGAI MEDIA BELAJAR ANAK-ANAK

Jpeg
Jpeg

Taddarus bersama sebagai satu pembinaan untuk belajar membaca Al Qur’an dengan Benar. Ustadz Kasno yang juga seorang guru dari MTs Srebegan Ceper Klaten, berharap anak-anak asuh semakin cinta dan terbiasa membaca al qur’an. Anak-anak juga diberikan jadwal secara bergilir membaca al qur’an bersama dua orang teman. Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan intensitas membaca Alqur’an, termasuk juga motivasi untuk anak-anak taddarus sendiri setiap hari.

Kajian Hadits

Sebagai bentuk usaha dalam memahami dan mendalami nilai-nilai dalam tuntunan kehidupan dalam Islam, baik terkait dengan ibadah, amaliah, ketentuan-ketentuan yang diajarkan oleh Rasulullaah Saw, sehingga terselenggara Kajian Rutin Al Hadits dalam buku Bulughul Maram. Kajian ini telah memberikan penjelasan bagaimana Islam dan Rasulullah mengajarkan kita berkomunikasi, bersikap, beribadah, beramal, bersuci, berpuasa, bertetangga,  dan lain sebagainya. Semakin kita mengkaji semakin banyak kekurangan yang kita miliki.

Kajian ini diperuntukkan kepada umat Islam yang memiliki keinginan akan belajar dan memahami Hadits-hadits untuk keperluan pemahaman dan pedoman hidup, juga khususnya untuk keluarga besar Panti Asuhan Amanah Klaten.

Ayo Belajar TAHSIN

Membaca Al Qur’an dengan baik dan benar perlu sebuah pendidikan/belajar yang bekelanjutan. Rata-rata pemahaman tentang tata cara baca Al Qur’an yang dipahami terutama generasi dewasa dan tua berdasarkan Pelajaran Agama di Sekolahan. Sedangkan yang diajarkan dalam Sekolah Format tersebut baru sebagian kecil dari dasar cara membaca Al Qur’an yang baik dan benar. Setelah kita diuji barulah kita sadari bahwa apa yang selama ini kita yakini bahwa cara kita membaca sudah benar dan sudah pas ternyata masih banyak yang harus diperbaiki. Untuk itulah Panti Asuhan Amanah Klaten Continue reading “Ayo Belajar TAHSIN”

Kewajiban Pengusaha Dan Majikan Dalam Perspektif Al-Qur’an (1)

sumber: http://www.muhammadiyah.or.id/id/12-content-190-det-tafsir-alquran.html

“Kelompok pekerja harus bekerja sama dengan para majikan untuk menciptakan lingkungan kerja yang saling enguntungkan.” (Lech Walesa, penerima Hadiah Nobel Perdamaian pada 1983) Kerja adalah aktivitas yang sama tuanya dengan kehadiran manusia di muka bumi. Manusia bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, dari kebutuhanpaling pokok hingga kebutuhan pelengkap. Mula-mula manusia bergantung kepada kemurahan Allah Subhanahu wata’ala yang tersedia di alam bebas berupa tumbuh-tumbuhan dengan buah-buahan dan binatang untuk mencukupi kebutuhan akan makanan. Mereka pun mengandalkan ketersedian bahan makanan itu di suatu tempat tertentu. Bilamana persediaan makanan di suatu tempat telah habis, maka mereka pindah ke tempat lain. Mereka berpindah-pindah dari satu tempat ke tempat lain secara bergerombol untuk memenuhi kebutuhan makanan mereka dengan mengambil hasil bumi dan dengan berburu binatang. Kemudian manusia mengembangkan keterampilan untuk memperoleh makanan di tempat tertentu, sekaligus membuat tempat tinggal untuk menetap di sana.Manakala seseorang tidak cukup mampu mengerjakan semua pekerjaannya secara mandiri, maka ia mempekerjakan orang lain untuk melakukan aktivitas tersebut dengan mengupahnya.

Continue reading “Kewajiban Pengusaha Dan Majikan Dalam Perspektif Al-Qur’an (1)”

Posts navigation

1 2 3